Pantai Sorake Surga Para Surfer di Nias

0
43
views
Pantai Sorake Nias Selatan

Pulau Nias memiliki banyak pantai dengan pemandangan yang luar biasa indah. Salah satu pantai yang menjadi ikon wisata pantai di Pulau Nias adalah Pantai Sorake di Nias Selatan

Pantai Sorake adalah bagian tak terpisahkan dari teritori desa Botohilitano. Pantai ini berdampingan langsung dengan satu teluk kecil yang dinamakan Lagundri, atau orang biasa menyebutnya dengan Luahagundre, sehingga keduanya sering disebut bersamaan sebagai Sorake-Lagundri.

Lagundri sendiri pada abad-abad yang lampau pernah menjadi pelabuhan dan tempat transaksi dagang antara para Si’ulu Nias dengan saudagar-saudagar asing. Konon, pantai ini ditemukan oleh Kevin Lovett dan John Giesel, dua orang peselancar Australia, pada era 1975.

Sejak itu, Sorake didatangi oleh para peselancar dari berbagai negara. Menurut pengakuan mereka, ombak Sorake termasuk yang terbaik di dunia. Maka tidaklah heran bila ribuan turis terus mengalir ke Nias Selatan untuk menikmati ombak Pantai Sorake.

Ya, Pantai Sorake yang berjarak dua kilometer dari Teluk Dalam ini memang tak seperti pantai-pantai di Nias pada umumnya, sebab pantai ini mempunyai arus ombak yang sangat besar namun sesekali terlihat sangat tenang. Arus ombak tersebut mempunyai ketinggian maksimal 15 m setiap kali menerjang dari tengah lautan yang semula terlihat begitu tenang.

Pantai sorake merupakan surganya bagi pecinta surfing (olahraga selancar). Pantai ini juga masuk dalam 10 besar tempat surfing terbaik di dunia, bahkan disebut-sebut nomor dua di dunia setelah Hawaii.

Pada bulan Juni dan Juli, Pantai Sorake sangat ramai dikunjungi turis asing untuk berselancar karena ketinggian ombaknya yang bisa mencapai 10 m hingga 12 m.

Ombak Pantai Sorake yang menjadi magnet bagi para peselancar dunia, merupakan representasi dari keunggulan wisata bahari-alam Pulau Nias.

Selain tempat favorit untuk selancar, Pantai Sorake sangat unik karena tidak ditemukan pasir yang melandai seperti pantai pada umumnya. Hanya ada batu karang yang bertebaran.

Keindahan Pantai Sorake Nias Selatan

Sejauh mata memandang jernih air lautnya tampak membiaskan warna hijau kebiru-biruan. Apalagi panorama lautan lepas pada batas Samudera Hindia tampak begitu indah. Sesekali juga terlihat spesies biota laut seperti ikan berwarna warni yang berenang ke sana kemari.

Untuk menuju tempat wisata ini, Anda dapat terbang sekitar 55 menit dari Bandar Udara Polonia di Medan ke Bandara Binaka di Gunungsitoli.

Lalu, lanjutkan perjalanan sekitar 3 jam dengan kendaraan umum ke Pantai Lagundri-Sorake yang berada di Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan.

Jalur dari Gunungsitoli ke Pantai Lagundri dan Pantai Sorake ada dua. Pertama melewati Lahewa terus membelah Pulau Nias hingga ke Teluk Dalam. Sedangkan jalur kedua menyusuri pantai melewati kota-kota kecamatan, seperti Gido, Bawolato, Idanogawo, dan Lahusa.