Keindahan Alam di Puncak Becici

0
187
views
Keindahan Alam di Puncak Becici

Beberapa waktu lalu, Puncak Becici menjadi buah bibir di kalangan traveler. Bagaimana tidak, seorang Barack Obama memilih mengunjungi Puncak Becici dari sekian banyak obyek wisata yang ada di Yogyakarta. Puncak Becici sendiri berada di kawasan Hutan Mangunan, tepatnya di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul atau sekitar 30 km dari pusat Kota Yogyakarta.

Puncak Becici merupakan salah satu Blok Mangunan dari 7 blok yang dikelola masyarakat sekitar sebagai lokasi wisata. Puncak Becici memiliki area hutan pinus seluas 4,4 hektar. Dari sini, pengunjung bisa menikmati keindahan Candi Prambanan di sisi utara dan Laut Selatan di sisi selatannya. Selain itu, udara yang sejuk dan masih segar juga menjadi daya tarik bagi pengunjung yang datang untuk sekedar merilekskan diri dari kepenatan sehari-hari.

Hutan Pinus Puncak Becici

Dulunya kawasan Puncak Becici merupakan kawasan hutan pinus yang disadap getahnya. Setelah dikelola menjadi lokasi wisata, tidak ada lagi aktivitas penyadapan. Dan sekarang kawasan Puncak Becici difokuskan pada kegiatan outbond dan panorama.

Fasilitas pendukung di Puncak sudah cukup memadai seperti mushala, toilet, outbond, dan area parkir. Bagi pengunjung yang ingin bersantai menggunakan hammock, cukup menyewa Rp 20.000 per dua jam. Sedangkan hamock bertingkat dari Rp 15.000-60.000.

Selain itu, disini juga menyediakan camping ground yang cukup luas. Pengunjung cukup membayar Rp 5000/orang untuk berkemah di kawasan Puncak Becici.

Bagi pecinta fotografi, di Puncak terdapat beberapa spot foto selfi yang bisa digunakan. Dan untuk pemotretan professional seperti prewedding, pengunjung dikenai biaya sebesar Rp 30.000,-.

Untuk menikmati keindahan alam di Puncak Becici, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk Rp 2.000, parkir roda doa Rp 2.000, mobil Rp 5.000, dan bus Rp 20.000.

Ada dua akses menuju Puncak Becici. Pertama lewat Jalan Imogiri Timur ke selatan sampai bertemu petunjuk menuju Kebun Buah Mangunan. Ikuti jalan tersebut sampai bertemu pertigaan, kemudia belok kiri ke arah hutan pinus. Setelah melalui hutan pinus ini, akan menemukan pertigaan pertama kemudian ambil kiri. Akan ada papan penunjuk arah menuju Puncak Becici.

Yang kedua yaitu melalui jalur Jogja – Wonosari. Ikuti rute Piyungan – Bukit Bintang – Perempatan Patuk. Dari perempatan silahkan belok kanan ke arah Dlingo dan ikuti jalan utama hingga bertemu dengan Hutan Pinus Sudimoro 1. Setelah melewati hutan pinus akan ada petunjuk arah menuju ke Puncak Becici.